Waterboom Sawahlunto merupakan pioner sarana permainan air di Sumatera Barat. Diresmikan pada akhir 2006 (1 Desember 2006). Kemudian daerah lain mengikuti dengan membangun sarana permainan air seperti ini. Saat ini, Waterboom Sawahlunto terus berbenah diri. Salah satunya dengan menambah kolam maupun seluncuran yang meliuk-liuk dari atas bukit. Sehingga hal tersebut menambah nuansa tersendiri yang tidak didapatkan di tempat lain kecuali di Waterboom Sawahlunto. Bouncer atau sebuah Game Zone yang khusus diperuntukkan buat anak-anak juga bisa ditemui di Waterboom Sawahlunto.

Air Dingin menjadi Waterboom. Ya, itulah istilah yang pantas untuk tempat wisata yang satu ini. Karena dahulunya tempat ini dikenal dengan pemandian "Air Dingin" Muaro Kalaban. Lokasi pemandian ini terbilang unik, karena kolam-kolam renangnya terletak di sebuah lekukan atau cekungan bukit. Sekarang ada lima tempat meluncur dari bukit-bukit yang ada di sini. Ada peluncur untuk orang dewasa dan ada untuk anak-anak. Selain itu, juga ada pemandian bagi anak di bawah lima tahun. "Keunikan lokasi pemandian Waterboom ini menambah daya tarik pengunjung yang datang ke sana.

Para anggota keluarga yang tak ikut mandi-mandi dan meluncur dapat menyaksikan para peluncur dan perenang dari bukit-bukit sekitar Waterboom itu.
Pengelola objek wisata Waterboom Muaro Kalaban terus berupaya memberikan pelayanan kepada pengunjung semaksimal mungkin. Di sekitar lokasi disediakan arena perbelanjaan makanan dan minuman bagi pengunjung. Selain itu, arena parkir pun disediakan bagi wisatawan.

Di dalam lokasi Waterboom, petugas juga memberi pelayanan kepada wisatawan dengan alat pengeras suara.Para perenang dan peluncur memang terus diingatkan agar hati-hati dan menjaga keselamatan saat meluncur dan berenang. Kecelakaan mudah terjadi kalau salah meluncur mengingat lokasi peluncuran yang cukup curam.

Mengingat semakin banyaknya kompetitor yang membuka permainan yang sama (Waterboom), dan untuk lebih memaksimalkan pengembangan serta memberikan pelayanan lebih baik terhadap pengunjung; maka Objek Wisata Waterboom Sawahlunto yang selama ini dikelola oleh Pemerintah Daerah Kota Sawahlunto kini diserahkan dan dipercayakan kepada pihak Swasta yakni PT. WWS (Wahana Wisata Sawahlunto) pada tanggal 29 Desember 2009. Dengan ditangani oleh Pihak Swasta diharapkan Objek Wisata Waterboom Sawahlunto akan semakin profesional.

Untuk saat ini, langkah pertama yang diambil PT. WWS terhadap waterboom Sawahlunto yaitu memfasilitasi area Hot Spot ( WIFI ). Dengan adanya sarana internet gratis ini diharapkan para pengunjung yang tidak ingin berendam dalam air, misal saja sekedar ingin bersantai sambil menunggu keluarga/kerabatnya bisa browsing di dunia maya atau bermain game online. Ataupun jika sedang tidak ingin melakukan aktifitas apapun bisa beristirahat dengan suasana alam yang asri dengan bersantai di Gazebo-gazebo yang tersebar di sekitar bukit. 

Fasilitas lainnya yang ada di Waterboom Sawahlunto antara lain: slide/seluncuran yang dibedakan antara seluncuran untuk anak-anak dan untuk pengunjung dewasa, flying fox, pujasera, klinik, dan lain-lain.

0 komentar:

Poskan Komentar